Menu Close

Obat Batuk Mextril Bisa Memabukkan, Ini Dosis yang Tepat

Mextril merupakan obat batuk yang tersedia dalam berbagai bentuk sediaan, termasuk sirup dan tablet. Obat batuk Mextril juga memiliki beberapa variasi dengan kegunaan yang berbeda. Misalnya, Mextril kuning untuk meredakan batuk yang disertai dengan pilek. 

Mextril mengandung empat bahan utama yang efektif meredakan batuk, yaitu guaifenesin, dekstrometorfan HBr, fenilpropanolamin HCl, dan klorfeniramin maleat. Sayangnya obat batuk Mextril kerap disalahgunakan oleh pihak yang tak bertanggung jawab. 

Mextril Sirup 60 mL harga terbaik

Komposisi obat

Setiap 5 mL Mextril sirup mengandung:

  • Guaifenesin 100 mg
  • Dekstrometorfan HBr 8 mg
  • Fenilpropanolamin HCl 7,5 mg
  • Klorfeniramin maleat 1 mg

Indikasi dan kegunaan 

Obat batuk Mextril varian warna kuning dikhususkan untuk mengatasi batuk berdahak. Kandungan zat aktif guaifenesin dalam obat berperan sebagai ekspektoran yang berguna mengencerkan lendir sehingga dahak mudah dikeluarkan. 

Kandungan dekstrometorfan Hbr yang merupakan antitusif bekerja secara efektif untuk mengatasi tenggorokan perih akibat pilek dan flu. Sedangkan kombinasi kandungan klorfeniramin maleat dan fenilpropanolamin HCl yang masing-masing sebagai antihistamin dan dekongestan hidung berguna untuk meredakan hidung tersumbat dan bersin-bersin.

Selain untuk pilek dan batuk berdahak, Mextril juga dapat digunakan untuk kondisi seperti:

  • Alergi serbuk bunga
  • Meringankan efek pseudobulbar atau penyakit pseudobulbar affect (PBA)
  • Konjungtivitis alergi
  • Rhinitis vasomotor atau rhinitis non-alergi
  • Sekresi lendir

Dosis dan aturan pakai yang tepat

Mextril merupakan obat berlabel biru atau obat bebas terbatas, yang boleh dibeli tanpa resep dokter namun penggunaannya disarankan sesuai petunjuk dari dokter atau sesuai dengan dosis yang tertera pada label kemasan.

Obat batuk Mextril boleh diberikan kepada anak-anak usia 6 tahun ke atas dengan dosis 5 mL atau satu sendok takar sebanyak 3 kali sehari setelah makan. Sedangkan untuk anak diatas 12 tahun dan orang dewasa, dosisnya adalah 10 mL (2 sendok takar), 3 kali sehari setelah makan. 

Mextril bisa menyebabkan mabuk

Dekstrometorfan Hbr yang terkandung di dalam obat batuk Mextril bisa menimbulkan efek halusinasi jika diminum dalam jumlah besar. Hal inilah yang menjadikan Mextril banyak disalahgunakan oleh orang yang tak bertanggung jawab dengan mengubahnya menjadi minuman yang memabukkan. Kasus ini juga terjadi pada semua merk obat batuk yang mengandung dekstrometorfan. 

Selain efek halusinasi, dekstrometorfan dapat menyebabkan efek mengantuk, pusing, mual, dan muntah. Efek samping Mextril lainnya meliputi:

  • Nyeri perut
  • Gangguan pada irama jantung
  • Detak jantung cepat yang melebihi 100 kali per menit
  • Mulut kering
  • Gangguan berkemih
  • Jantung berdebar

Reaksi alergi yang serius terhadap obat dapat terjadi meskipun sangat jarang. Segera hubungi dokter jika Anda atau anak Anda menunjukkan reaksi alergi seperti ruam gatal, pembengkakan pada wajah, lidah, atau tenggorokan, pusing parah, dan kesulitan bernapas.

Mengonsumsi Mextril melebihi dosis yang disarankan juga dapat mengakibatkan overdosis yang menyebabkan kerusakan serius. 

Klorfeniramin dan fenilpropanolamin pada Mextril tidak boleh dikonsumsi lebih dari 7 hari berturut-turut. Jika gejala Anda tak kunjung membaik atau semakin memburuk setelah meminum obat batuk Mextril dalam 7 hari, jangan menambahkan dosis atau memperpanjang penggunaan. Segera hubungi dokter untuk menemukan solusi yang tepat.

Catatan

Obat batuk Mextril dapat digunakan untuk meredakan berbagai jenis batuk, mulai dari batuk kering, batuk berdahak, dan batuk yang disertai pilek. Sebelum menggunakan Mextril, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu. 

Untuk menghindari overdosis obat, hanya gunakan sendok takar yang telah disediakan dan tuang hingga mencapai batas yang disarankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *