Menu Close

New Diatabs: Solusi Obat Diare untuk Ibu Hamil

new diatabs obat diare

Sebagian besar ibu hamil pernah mengalami gangguan pencernaan, salah satunya diare. Di luar waktu kehamilan saja diare akan terasa tidak nyaman, apalagi terjadi ketika hamil. Meminum obat diare adalah pilihan yang tepat, misalnya yang aman untuk ibu hamil adalah New Diatabs

New Diatabs mengandung bahan aktif attapulgite yang efektif mengatasi diare akut yang disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, dan parasit. Dalam beberapa kali penggunaan, ibu akan terbebas dari rasa tak nyaman. 

Penyebab diare pada ibu hamil

Selain kelelahan, nyeri payudara, dan mual, diare juga bisa menjadi salah satu tanda awal kehamilan. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon di sekitar waktu pembuahan. Sedangkan diare yang terjadi di trimester akhir mungkin merupakan teanda bahwa waktu persalinan ibu semakin dekat. 

Dibandingkan sembelit, ibu hamil memang lebih jarang mengalami diare. Terlepas dari dua hal tersebut, diare bisa terjadi kapan saja dan umumnya disebabkan oleh beberapa faktor:

  • Perubahan diet: Terkadang perubahan mendadak ke mengonsumsi makanan yang lebih sehat dan bergizi, terutama tinggi serat, dapat menyebabkan peningkatan frekuensi buang air besar. 
  • Vitamin prenatal: Beberapa vitamin prenatal dapat menyebabkan tinja lebih encer yang sering dikira sebagai diare. Jika ibu mengalami diare karena vitamin, konsultasi dengan dokter dan minta rekomendasi vitamin lainnya. 

Diare pada ibu hamil juga dapat berkembang dari sesuatu yang tidak ada hubungannya dengan kehamilan, seperti keracunan makanan, obat antibiotik, bepergian, infeksi virus atau bakteri, dan masalah kesehatan seperti penyakit Crohn, ceilac, atau hipertiroidisme. 

Cara kerja New Diatabs

New Diatabs mengandung attapulgite, obat yang biasa digunakan dalam perawatan diare. Obat ini bekerja dengan cara memperlambat gerak usus dan menyerap lebih banyak air pada feses sehingga konsistensinya menjadi lebih padat. Attapulgite juga akan mengikat bakteri dan racun penyebab diare yang ada di dalam usus. 

Ketika tanda-tanda diare mulai terasa, segera gunakan New Diatabs sebagai pertolongan pertama. Konsumsi New Diatabs 1-2 tablet setiap setelah buang air besar, dengan dosis maksimal 12 tablet dalam waktu 24 jam. Ibu hamil juga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan dosis yang sesuai.

New Diatabs bisa dikonsumsi bersama dengan makanan atau saat perut kosong. Penggunaan obat juga sebaiknya dibarengi dengan asupan nutrisi dan cairan yang cukup. Hal ini karena diare akan mengurangi sebagian besar air dan nutrisi dalam tubuh, dan bisa membuat ibu hamil tak bertenaga.

Efek samping yang harus diperhatikan

Setelah mengonsumsi New Diatabs, ibu hamil mungkin akan merasakan efek samping seperti:

  • Sakit kepala atau pusing
  • Sembelit atau konstipasi
  • Perut kembung
  • Kram perut
  • Mual dan muntah

Namun tak perlu khawatir, efek samping tersebut bersifat ringan dan akan segera hilang setelah penggunaan obat dihentikan. Jika efek samping berlanjut atau semakin parah, segera hubungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. 

Tips mengobati diare pada ibu hamil di rumah

Konsumsi obat diare yang dijual bebas sebenarnya tidak disarankan untuk ibu hamil, kecuali jika telah diizinkan oleh dokter. Karena itu, penggunaan New Diatabs pada ibu hamil harus disertai dengan anjuran dokter. 

Namun selain mengonsumsi obat diare, ada beberapa cara alami untuk menghentikan diare pada ibu hamil, yaitu:

  1. Menjaga asupan makanan

Jangan beralih terlalu cepat dari makanan yang biasa dimakan ke makanan tinggi serat. Lakukan secara perlahan dengan menjaga porsinya tetap seimbang agar saluran pencernaan bisa beradaptasi. 

Pilihlah makanan yang mudah dicerna dan tidak mengiritasi atau merangsang lambung dan saluran cerna, seperti diet BRAT (pisang, nasi, saus apel, dan roti panggang) yang dikombinasikan dengan sayur sup, kentang, daging tanpa lemak, dan ayam sampai diare berlalu. Jauhi makanan yang digoreng, makanan pedas, dan tinggi lemak. 

  1. Tingkatkan asupan cairan

Diare selama kehamilan biasanya sembuh dengan sendirinya. Sampai benar-benar sembuh, sangat penting untuk tetap terhidrasi. Perbanyak minum air putih dan hindari susu, minumam manis, kopi, teh, dan minuman berenergi. 

  1. Jaga kebersihan

Pastikan ibu hamil membersihkan area genital secara menyeluruh setelah buang air besar. Feses yang cair memudahkan bakteri di usus untuk masuk ke saluran kemih dan menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK).

Catatan

Diare selama kehamilan memang tak nyaman. Ibu hamil bisa berkonsultasi dengan dokter dan meminta rekomendasi penggunaan New Diatabs. Jangan lupa tanyakan juga mengenai dosis dan aturan pakai yang tepat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *