Menu Close

Mengonsumsi Ester C Vitamin, Perlu atau Tidak?

ester c vitamin

Apakah Anda rutin mengonsumsi suplemen vitamin C? Jika Anda menganggap suplemen vitamin C adalah hal yang penting, Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi Ester C Vitamin. 

Ester C vitamin merupakan suplemen vitamin yang memiliki fungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Suplemen ini mencampurkan komposisi berupa Ester-C, kalsium, serta citrus bioflavonoid yang bisa mencegah Anda dari penyakit akibat kekurangan vitamin C.

Mengenal komposisi Ester C Vitamin

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, suplemen vitamin ini mengandung tiga komposisi utama. Komposisi tersebut memiliki kegunaan sebagai berikut: 

  • Ester-C

Ester-C atau vitamin C dikenal juga sebagai asam askorbat. Jenis asam ini terbentuk secara alami dari buah jeruk, tomat, kentang, dan sayuran berdaun. 

Keberadaan Ester-C penting untuk kesehatan tulang dan jaringan ikat, otot, serta pembuluh darah. Selain itu, adanya vitamin C akan membantu tubuh untuk menyerap zat besi dengan lebih maksimal.

Asam askorbat yang ada pada Ester C Vitamin digunakan untuk mengobati serta mencegah kekurangan vitamin C dalam tubuh.

  • Kalsium

Manusia memerlukan kalsium untuk membangun dan memeliharan kekuatan tulang. Tidak hanya itu, kalsium juga berkontribusi dalam menjaga komunikasi yang sehat antara otak dengan bagian tubuh lainnya. 

Kalsium ada secara alami pada makanan yang Anda konsumsi. Tapi, terkadang kalsium dari makanan saja tidak cukup.

Oleh sebab itu, Anda akan memerlukan asupan kalsium dari suplemen, misalnya suplemen Ester C. Meskipun berfokus pada vitamin C, suplemen ini juga mengandung kalsium yang diperlukan oleh tubuh Anda. 

  • Bioflavonoid

Bioflavonoid adalah kandungan yang umum ditemukan pada kulit buah jeruk hijau. Kandungan ini sudah sangat sering digunakan dalam obat-obatan yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja vitamin C. 

Adanya bioflavonoid dalam Ester C Vitamin baik untuk mendukung sirkulasi darah, sebagai antioksidan, serta mengobati alergi virus atau berbagai jenis peradangan.

Ketiga kandungan di atas merupakan komposisi utama dari suplemen Ester C. Secara khusus, kandungan Ester-C terdapat sebanyak 320 mg, kalsium sebanyak 27,33 mg, serta bioflavonoid sebanyak 100 mg.

Anjuran asupan vitamin C

Setiap orang dewasa disarankan untuk mendapatkan asupan vitamin C maksimal 2.000 mg per harinya. Meskipun vitamin C banyak mendatangkan manfaat kesehatan, tapi konsumsi yang terlalu banyak juga bisa membahayakan kesehatan. 

Orang yang mengonsumsi suplemen vitamin C terlalu banyak berpotensi mengalami batu ginjal. Tidak hanya itu, suplemen vitamin C yang terlalu banyak juga bisa memicu masalah kardiovaskular pada wanita setelah melewati masa menopause. 

Oleh sebab itu, pastikan Anda mengonsumsi Ester C Vitamin sesuai dengan anjuran pemakaian yang tertera di kemasan. 

Perhatikan apabila Anda termasuk dalam golongan faktor risiko yang berpotensi mengalami kekurangan vitamin C. Golongan faktor risiko ini meliputi:

  • Orang yang tidak rutin mengonsumsi variasi makanan sehat
  • Bayi yang hanya mengonsumsi susu evaporasi atau susu rebus
  • Orang yang merokok atau terpapar asap rokok dari orang lain
  • Orang dengan kondisi kesehatan tertentu, terutama yang melibatkan kondisi malabsorbsi usus

Kondisi-kondisi di atas merupakan faktor risiko dari kondisi kekurangan vitamin C. Jangan remehkan faktor risiko tersebut.

Bila Anda termasuk dalam salah satu golongan faktor risiko, maka Anda perlu mengonsumsi suplemen vitamin C secara rutin. Konsultasikan pada dokter apakah Ester C Vitamin merupakan suplemen vitamin yang tepat untuk kondisi-kondisi di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *