Menu Close

Mengenal Damuvit, Multivitamin dalam Bentuk Kaplet Salut Selaput

Mengonsumsi multivitamin tambahan, seperti Damuvit, sangat baik karena dibutuhkan oleh tubuh. Suplemen yang diproduksi oleh PT Pyridam Farma ini mengandung vitamin B kompleks dan vitamin C, nicotinamide, kalsium pantotenat serta asam folat.

Kombinasi kandungan yang terdapat pada Damuvit dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks dan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Uniknya, Damuvit adalah multivitamin yang dikemas dalam bentuk kaplet salut selaput. 

Yuk, kenali Damuvit lebih lanjut. 

Apa Itu Kaplet Salut Selaput?

Salut selaput adalah salah satu jenis obat minum yang memiliki bentuk padat. Pada bagian dalamnya, terdapat larutan obat yang berbentuk seperti cairan, yang kemudian pada bagian luarnya dilapisi oleh selaput. 

Tujuan Damuvit dibuat dalam bentuk kaplet salut selaput bertujuan untuk menyembunyikan bau tidak enak dari bahan kimia aktif pada obat. Selain itu juga melindungi bahan kimia tersebut agar berhasil sampai di usus dan tidak hancur saat melalui asam lambung.

Sebab, jika obat hancur saat melalui asam lambung, obat tidak dapat diserap di usus. Hal ini menandakan kinerja obat tidak berhasil dan Anda tidak bisa merasakan manfaat dari penggunaan obat ini.

Obat yang disalut selaput memiliki beberapa keunggulan, di antaranya obat ini akan melepaskan bahan kimia aktif secara perlahan di dalam tubuh pada dosis stabil yang jumlahnya telah disesuaikan.

Artinya, dosis dari bahan aktif tersebut dilepaskan sedikit demi sedikit di dalam tubuh dan diserap perlahan oleh usus secara terus-menerus. Jumlah dosis yang dilepaskan di dalam tubuh pun bisa diatur, disesuaikan dengan jenis selaput dan konsentrasi dari obat itu sendiri.

Oleh sebab itu, bentuk obat salut selaput ini sangat cocok untuk segala jenis obat yang mudah larut di dalam air. Dengan begitu, bentuk obat ini dapat memaksimalkan mekanisme kerja obat di dalam tubuh, dibandingkan dengan jika obat ini tidak disalut oleh selaput.

Khasiat Damuvit

Damuvit mengandung vitamin B kompleks dan vitamin C, nicotinamide, kalsium pantotenat, serta asam folat. Kombinasi kandungan yang terdapat dalam Damuvit dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks dan vitamin C harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

Damuvit bermanfaat untuk mengatasi kekurangan vitamin B kompleks dan vitamin C, serta untuk menjaga daya tahan tubuh.

Cara Penggunaan Damuvit 

Mengonsumsi multivitamin Damuvit harus dengan cara yang benar. Sebab, jika Anda salah maka hanya membuat Anda kehilangan manfaatnya.

Sebaiknya, Damuvit diminum 1 kali sehari 1 kaplet. Tidak boleh minum obat ini secara berlebihan karena dapat menyebabkan efek samping yang berlebihan.

Damuvit dapat diberikan bersama makanan untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada lambung.

Efek Samping Damuvit

Efek samping yang mungkin timbul selama mengkonsumsi Damuvit Kaplet adalah:

  • Diare
  • Mulas
  • Ruam Kulit
  • Gatal-gatal
  • Rasa tidak nyaman di lambung
  • Mual dan muntah
  • Biduran atau urtikaria
  • Sembelit
  • Sakit Perut
  • Jantung Berdebar
  • Mengantuk
  • Sakit Kepala.

Hindari penggunaan Damuvit pada pasien yang memiliki riwayat hipersensitif dan memiliki riwayat alergi vitamin C. Kemudian, penggunaan Damuvit pada ibu hamil dan menyusui juga tidak disarankan. 

Kemudian, jika Anda mengonsumsi Damuvit bersamaan dengan sejumlah obat juga akan memimbulkan efek samping yang tak baik untuk kesehatan.

Obat yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan Damuvit adalah:

  • Obat antibiotik, seperti: obat azithromycin, clarithromycin, ataupun erythromycin. 
  • Obat-obatan hydantoins seperti obat phenytoin, pada saat sedang mengkonsumsi obat Damuvit ini.
  • Tidak boleh diberikan pada penderita penyakit parkinson dan sedang mengonsumsi obat levodopa. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *