Menu Close

Dosis dan Cara Pemakaian Obat Kumur Enkasari

Enkasari merupakan obat kumur yang terdiri dari campuran sari bahan-bahan alami. Kandungan di dalamnya terdiri dari sari daun saga, sari daun sirih, sari akar kayu manis, dan menthol. Sari daun saga dan sari daun sirih memiliki fungsi sebagai antiseptik yang membantu membunuh bakteri penyebab sariawan dan gangguan mulut lainnya. Sari akar kayu manis memiliki khasiat menyamarkan dan mencegah bau mulut yang tidak sedap. Sedangkan menthol berfungsi untuk memberikan efek dingin dan sensasi menyegarkan pada mulut.

Indikasi Obat Kumur Enkasari

Enkasari memiliki manfaat antara lain:

  • Mengatasi sariawan
  • Menyamarkan dan mencegah bau mulut
  • Memberikan efek dingin yang menyegarkan
  • Membantu membunuh bakteri
  • Membantu mengatasi gangguan mulut lainnya

Komposisi Obat Kumur Enkasari

Enkasari merupakan obat kumur herbal yang terbuat dari bahan alami pilihan. Tiap 45 ml enkasari mengandung sari daun saga 200,4 mg (setara dengan bubuk daun kering), sari daun sirih, 200,0 mg (setara dengan daun segar), sari akar kayu manis 52,8 mg (setara dengan bubuk akar kering), serta menthol 10 mg.

Sedangkan dalam tiap 15 ml cairan enkasari mengandung sari daun saga 0,49 ml, sari daun sirih 1,48 ml, dan sari akar kayu manis 0,98 ml. Adapun bahan lainnya yaitu mentholum crystal, methylis parabenum, sucrose, essence caramel, pewarna carmoisine, edicol s. ponceau urs, oleum menthae, aethanolum 0,4% dan ad 15 air.

Sediaan dan Harga Jual Enkasari

Enkasari memiliki dua jenis produk, yaitu Enkasari Obat Kumur Herbal serta Enkasari Mouthwash. Enkasari Herbal digunakan sebagai obat kumur untuk mengatasi sariawan dan bau mulut. Obat kumur ini hanya digunakan untuk kumur dan tidak boleh ditelan. Enkasari obat kumur herbal tersedia dalam kemasan botol ukuran 120 ml. Harga jual mulai dari Rp 12.000 – Rp 30.000.

Enkasari Mouthwash merupakan cairan cuci mulut yang tidak boleh ditelan. Memiliki beberapa kelebihan, yaitu bebas alkohol, bebas kandungan gula, dan memiliki perlindungan dari bahan-bahan herbal. Enkasari moutwash tersedia dalam kemasan botol ukuran 250 ml dan memiliki 3 varian, yaitu Peppermint dengan warna orange, Freshmint dengan warna hijau, Citrusmint dengan warna kuning, dan Siwak dengan warna cokelat muda. Harga jual mulai dari Rp 11.000 – Rp 32.000.

Dosis Pemakaian Enkasari

Dosis untuk Enkasari Obat Kumur:

  • Dewasa, sebanyak 3 sendok takar (15 ml), digunakan 3 kali sehari
  • Anak-anak usia 6-12 tahun, sebanyak 1 sendok takar (5 ml), digunakan 2 kali sehari

Dosis untuk Enkasari Mouthwash yaitu:

  • Dewasa, sebanyak 2 gelas takar (30 ml), digunakan 3 kali sehari
  • Anak-anak di atas usia 5 tahun, 1 gelas takar (15 ml), digunakan 2 kali sehari

Tuangkan enkasari mouthwash pada tutup botol atau gelas takar sesuai dengan dosis pemakaian, kemudian gunakan untuk berkumur selama 30-60 detik. Setelah itu, buang cairan yang telah digunakan. Enkasari mouthwash bisa Anda gunakan setelah menggosok gigi.

Perhatian Khusus

Jangan dikonsumsi pada penderita hipersensitif (alergi) terhadap salah satu kandungan Enkasari obat kumur. Simpan obat pada suhu ruangan atau di bawah 30oC, di tempat kering atau tidak lembap, dan hindari dari paparan sinar matahari langsung.

Enkasari dalam kemasan lama bisa digunakan sebagai obat kumur sekaligus bisa dikonsumsi atau ditelan. Sedangkan Enkasari obat kumur yang hadir dengan kemasan baru, yaitu berwarna hijau dan putih, hanya bisa digunakan untuk cairan kumur saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *