Menu Close

Cara Menggunakan Nizoral Cream untuk Atasi Kutu Air

Kutu air adalah salah satu infeksi jamur yang dapat terjadi pada siapa saja. Nizoral cream bisa menjadi obat salep yang tepat untuk mengatasi kondisi tersebut.

Bagaimana cara menggunakannya dengan tepat? Berikut penjelasannya.

Penyebab dan gejala kutu air

Kutu air sering disebut sebagai athlete’s foot karena lebih sering dialami oleh para atlet. Infeksi jamur ini biasanya muncul di kaki dan disebabkan oleh jamur yang tumbuh karena kondisi lembap dan hangat, seperti saat menggunakan kaos kaki dan sepatu.

Infeksi jamur tersebut biasanya ditandai dengan ruam kemerahan dan muncul di sela-sela jari kaki. Rasa gatal juga akan muncul dan akan semakin parah saat Anda melepaskan sepatu dan kaos kaki.

Beberapa kutu air juga disertai dengan bintil dan kulit bersisik di bagian sisi kaki lainnya. Sehingga kadang banyak yang mengiranya sebagai tanda dari eksim atau sekedar kulit kering. 

Infeksi ini sangat menular bahkan bisa tersebar hingga tangan, terutama jika Anda menggaruk atau menyentuh bagian yang terinfeksi di kaki Anda.

Selain itu, jamur penyebab kutu air juga tumbuh di tempat-tempat yang lembap dan hangat seperti sauna, ruang loker, kolam renang, tempat mandi umum juga dapat menjadi tempat penularan. 

Kondisi ini umumnya ringan dan tidak membahayakan, namun jika tidak kunjung membaik dalam waktu dua minggu setelah diobati atau Anda mengidap diabetes, sebaiknya periksakan ke dokter.

Cara pakai Nizoral Cream untuk atasi kutu air

Oleh karena itu sangat penting untuk mengobati kutu air dengan benar. Jika Anda menggunakan Nizoral cream, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Cuci tangan sebelum menggunakan obat ini

2. Jika bisa, bersihkan dan keringkan kulit yang terinfeksi terlebih dahulu

3. Oleskan obat salep Nizoral cream ke bagian yang terinfeksi, cukup tipis saja dan hindari luka terbuka

4. Gunakan sekali sehari, menggunakannya terlalu banyak tidak akan menyembuhkan dengan cepat dan justru meningkatkan risiko efek samping.

5. Tunggu hingga obat meresap dan mengering di kulit Anda

6. Bila terkena mata, bilas dengan air hingga bersih

Nizoral umumnya akan bekerja selama 2-4 minggu dengan penggunaan teratur. Hindari menutup bagian yang terinfeksi dengan perban atau kain yang ketat dan menutup aliran udara masuk.

Sebisa mungkin jaga kulit kaki Anda tetap kering, gunakan kaos kaki kering dan bersih, serta sepatu maupun sandal yang memberikan sirkulasi udara. 

Kandungan ketoconazole di dalamnya dapat menyebabkan kerusakan serius pada hati dan berpotensi kematian. Periksakan ke dokter apabila Anda mengalami mual, muntah, nyeri perut, demam, lemas, hilang nafsu makan, feses dan urine berwarna gelap, atau mata dan kulit menguning.

Selain itu, ketoconazole juga berpotensi menimbulkan masalah jantung serius. Periksakan segera jika Anda merasakan gejala detak jantung cepat, disertai sesak napas, dan sakit kepala mendadak. 

Tips mencegah kutu air

Cara mencegah kutu air sangat mudah untuk dilakukan. Berikut adalah beberapa tipsnya:

1. Selalu jaga kaki tetap kering, terutama area di antara jari kaki dan setelah mandi atau kontak dengan air. Sebisa mungkin telanjang kaki saat di rumah. 

2. Rutin mengganti kaos kaki setidaknya dua kali sehari, terutama jika kaki terasa berkeringat.

3. Gunakan sepatu yang ringan dengan desain yang memudahkan aliran udara masuk, hindari sepatu berbahan sintetis seperti karet atau vinyl

4. Sesekali ganti sepatu, jangan gunakan sepatu yang sama setiap hari sehingga Anda dapat memberikan waktu bagi kaki untuk tetap kering

5. Lindungi kaki Anda saat berada di luar ruangan, seperti sandal atau sepatu anti air saat berada di sekitar kolam renang, atau ruang mandi umum

6. Rawatlah kaki Anda, bisa dengan menggunakan bedak antijamur tiap hari

7. Hindari berbagi sepatu, sebab dapat meningkatkan risiko penyebaran infeksi jamur

Menanganinya dengan tepat dan cepat sangat penting. Sebab kutu air yang tidak segera ditangani dapat menyebar ke area lain seperti kuku, tangan dan menyebabkan infeksi yang lebih serius.

Dalam beberapa kasus, kutu air juga dapat menyebabkan infeksi bakteri. Oleh karena itu, gunakan obat yang tepat seperti Nizoral cream sesuai dengan anjuran dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *