Menu Close

Mudah dan Alami, Ini Cara Memperbanyak ASI Lewat Makanan

Mudah dan Alami, Ini Cara Memperbanyak ASI Lewat Makanan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produksi ASI. Salah satu cara memperbanyak ASI adalah melalui asupan makanan bernutrisi.

Produksi ASI yang maksimal akan memberikan asupan nutrisi yang lebih baik bagi bayi Anda. Semakin banyak ASI yang dihasilkan, maka semakin baik juga dampaknya untuk kesehatan bayi. 

Cara memperbanyak ASI dengan makanan

Makanan yang Anda konsumsi semasa kehamilan dan menyusui sangat penting untuk diperhatikan. Karena, nutrisi pada makanan yang dikonsumsi nantinya juga akan disalurkan melalui ASI pada bayi Anda.

Apabila Anda ingin meningkatkan produksi ASI demi bayi Anda, berikut ini jenis makanan yang bisa Anda andalkan:

Sayuran berdaun hijau

Anda tentu tahu bahwa sayuran berdaun hijau memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat ini juga bisa dirasakan oleh bayi yang masih menyusui.

Sayuran berdaun hijau kaya akan vitamin yang berkontribusi dalam meningkatkan produksi ASI. Anda dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya satu porsi sayuran berdaun hijau setiap harinya. 

Anda bisa mencoba jenis sayuran bayam atau kangkung yang kaya akan zat besi, kalsium, dan folat. 

Oatmeal

Cara memperbanyak ASI lainnya adalah mengonsumsi oatmeal secara rutin. Oatmeal memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan.

Konsumsi oatmeal dapat menurunkan risiko diabetes. Selain itu, oatmeal juga bisa menjadi sumber energi dan memperlancar sistem pencernaan.

Oatmeal terbuat dari komposisi utama berupa gandum. Gandum ini dipercaya mampu meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. 

Makanan laktasi

Makanan laktasi dipercaya mengandung zat yang disebut galactagogues. Zat ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi ASI. 

Penelitian telah membuktikan bahwa makanan laktasi memiliki efek psikologis. Anda bisa mendapatkan makanan laktasi berupa oatmeal atau labu.

Selain makanan laktasi alami, banyak ibu menyusui yang membeli produk olahan laktasi khusus, seperti kue laktasi atau teh laktasi. 

Wortel

Kata siapa wortel hanya baik untuk kesehatan mata? Sebenarnya, wortel memiliki banyak manfaat, termasuk meningkatkan produksi ASI pada ibu yang menyusui.

Wortel memberikan dorongan besar untuk laktasi dan mengandung vitamin A yang tinggi. Kandungan ini berkontribusi dalam meningkatkan produksi ASI. 

Anda bisa mencoba memakan wortel mentah atau mengolah wortel menjadi salad ketika sarapan. Ini akan menjadi salah satu cara memperbanyak ASI secara alami dengan mudah. 

Nasi merah

Manfaat nasi merah bukan hanya untuk mengendalikan berat badan, tetapi juga bisa membantu memperbanyak produksi ASI Anda. Kandungan di dalam nasi merah dipercaya mampu merangsang hormon yang bertanggung jawab untuk memproduksi ASI.

Selain itu, beras merah juga akan memberikan sumber energi tambahan bagi ibu menyusui. Anda jadi bisa lebih bersemangat ketika merawat bayi Anda. 

Sebaiknya, pilih beras merah yang diolah secara organik agar manfaatnya lebih maksimal dan tidak memberikan dampak negatif bagi bayi.

Ubi

Ubi merupakan sumber makanan alami yang bisa memperbanyak ASI. Ubi dipercaya sebagai sumber karbohidrat yang bisa memberikan energi bagi sang ibu.

Di dalam ubi, terdapat kandungan vitamin C, vitamin B kompleks, serta magnesium. Semuanya dibutuhkan guna meningkatkan produksi ASI secara maksimal.

Itulah beberapa makanan yang bisa Anda andalkan untuk memperbanyak produksi ASI di masa menyusui. Selain makanan di atas, masih banyak rekomendasi makanan lainnya.

Cara memperbanyak ASI secara alami tentu lebih baik daripada menggunakan suplemen kesehatan khusus. Anda bisa mengonsultasikan hal ini ke dokter Anda untuk mendapatkan rekomendasi makanan yang lebih terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *