Menu Close

Apakah Elsheskin Serum Aman Digunakan oleh Ibu Hamil?

Elsheskin serum merupakan salah satu jenis produk perawatan kulit yang mengandung bahan aktif dengan konsentrasi tinggi. Lantas, apakah serum tersebut aman untuk digunakan oleh ibu hamil?

Sebab, ada beberapa bahan yang bisa membahayakan janin apabila terserap oleh tubuh. Bahkan ada juga yang bisa menyebabkan cacat janin permanen. 

Amankah Elsheskin Serum untuk ibu hamil?

Elsheskin merupakan merk produk perawatan kulit lokal yang sedang banyak digandrungi, karena disebut-sebut memiliki rangkaian serum yang sangat efektif untuk menyehatkan dan mengatasi beberapa masalah di kulit.

Dengan berbagai bahan aktif yang terdapat di dalamnya, tentu banyak pengguna yang sedikit ragu apakah bahan tersebut aman untuk digunakan pada kondisi hamil.

Namun tenang, sebagian besar produk Elsheskin sudah diuji secara klinis aman digunakan oleh siapa saja, termasuk ibu hamil dan ibu menyusui. Selain itu, semua produknya sudah terdaftar BPOM dan tidak membuat ketergantungan.

Saat hamil, Anda akan mengalami perubahan hormon yang cukup sering dan banyak sehingga menjadi faktor munculnya jerawat. Produk Elsheskin Serum bisa digunakan untuk mengatasi jerawat pada ibu hamil secara aman, tak perlu lagi khawatir dengan kesehatan janin. 

Beberapa produk Elsheskin yang bisa digunakan oleh ibu hamil antara lain:

  • Radiant Skin Serum, yang efektif mengatasi kulit kusam, bintik hitam, dan flek bekas jerawat
  • Smoothing Serum for Acne Skin, efektif mengatasi acne scar dan bekas jerawat kemerahan
  • Sebum Reducer Serum, efektif untuk mengontrol produksi minyak atau sebum berlebih pada kulit kombinasi dan kulit berminyak 

Bahan yang perlu dihindari oleh ibu hamil

Meskipun sedang hamil, Anda tetap diperbolehkan untuk terus merawat diri dengan berbagai produk perawatan kulit. Namun sebaiknya, hindari produk-produk yang mengandung bahan-bahan berikut ini:

1. Retinol

Retinol merupakan bentuk vitamin A yang salah satu perannya adalah menyehatkan kulit. Beberapa serum dan produk anti-aging menggunakan retinol untuk mengatasi jerawat dan menyamarkan garis halus serta keriput. 

Akan tetapi, penggunaan retinol dalam kadar tinggi diketahui dapat menyebabkan cacat bayi sehingga sangat tidak dianjurkan untuk digunakan saat hamil. Selain itu, dianjurkan untuk berhenti menggunakan produk tersebut dalam 1-2 bulan sebelum Anda melakukan program hamil.

2. Asam salisilat

Asam salisilat atau salicylic acid adalah bahan aktif yang aman ditemukan di dalam produk perawatan kulit yang berfungsi untuk mengatasi jerawat. Akan tetapi, penggunaanya dalam dosis tinggi sangat tidak dianjurkan pada ibu hamil.

Sebaiknya tetap konsultasikan kepada dokter jika Anda ingin menggunakan produk berbahan yang tergolong asam beta hidroksi ini dalam dosis yang rendah. 

3. Hidrokuinon

Hidrokuinon atau hydroquinone sering terdapat di dalam produk perawatan kulit yang mencerahkan kulit atau mengurangi pigmentasi kulit. Pigmentasi kulit kerap terjadi saat kehamilan, sehingga banyak sekali ibu hamil yang meragukan penggunaan produk berbahan ini.

Memang belum ada penelitian yang membuktikan adanya dampak buruk dari penggunaan hidrokuinon. Namun karena tubuh dapat menyerap hidrokuinon dalam jumlah banyak dibanding bahan lain, sangat dianjurkan untuk membatasi atau bahkan menghindari paparan bahan ini saat hamil. 

4. Phthalates

Adalah senyawa yang banyak ditemukan di dalam produk kecantikan kulit, terutama kosmetik. Namun faktanya, penggunaan bahan ini diketahui menyebabkan disfungsi reproduktif dan hormon yang serius.

Hingga kini, masih banyak penelitian yang dilakukan untuk melihat efek dari phthalates pada ibu hamil. Sehingga lebih baik Anda membatasi penggunaan produk berbahan ini selama kehamilan. 

5. Formaldehyde

Formaldehyde memang sudah jarang digunakan lagi sebagai pengawet dan disinfektan di dalam produk kecantikan. Sebab, bahan ini diketahui sebagai karsinogen atau senyawa pemicu kanker, serta meningkatkan risiko infertilitas dan keguguran.

Akan tetapi, ada beberapa bahan yang dapat melepaskan formaldehyde di dalam tubuh yang masih digunakan di beberapa produk kosmetik, contohnya:

  • bronopol
  • DMDM hydantoin
  • diazolidinyl urea
  • hydroxymethylglycinate
  • imidazolidinyl urea
  • quaternium-15
  • 5-bromo-5-nitro-1,3-dioxane

Perlu dicatat, meskipun memang Elsheskin serum terbilang aman digunakan bagi ibu hamil, namun tidak perlu menggunakannya terutama jika keadaan kulit Anda tidak bermasalah. Sebaiknya sebelum menggunakan produk perawatan kulit apapun saat hamil selalu konsultasikan dengan dokter kandungan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *