Menu Close

Apa Sajakah Masalah Kesehatan Yang Ditangani Oleh Dokter Spesialis Kulit?

Dokter kulit dan kelamin adalah dokter spesialis yang menangani berbagai keluhan dan masalah kesehatan yang terkait kulit dan kelamin. Latar belakang pendidikannya adalah dokter umum yang sudah menyelesaikan pendidikan spesialis di bidang kesehatan kulit dan kelamin.

Eksim basah sulit disembuhkan jika sudah infeksi

Untuk memperoleh gelar dokter spesialis kulit dan kelamin (SpKK), seorang dokter harus menempuh pendidikan program studi ilmu kesehatan kulit dan kelamin selama 7 semester, dan maksimal 11 semester. Ilmu kesehatan kulit dan kelamin atau disebut juga bidang dermatologi dan venereologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pengetahuan serta keterampilan klinis diagnostik dan pengobatan (medis dan bedah kulit). Dokter spesialis kulit dan kelamin menangani penyakit kulit (termasuk rambut dan kuku) dan kelamin, baik pada orang dewasa, anak-anak, dan orang tua.

Secara klinis, bidang dermatologi dan venereologi terbagi dalam beberapa divisi, seperti ini.

  1. Dermatologi infeksi tropik

Bidang ini berfokus pada penanggulangan penyakit infeksi kulit di daerah tropis. Beberapa contoh penyakit yang dipelajari dan diobati oleh dokter spesialis kulit dan kelamin terkait dermatologi infeksi tropik yakni selulitis, erisipelas (infeksi pada permukaan kulit yang disebabkan oleh kuman Streptococcus), dan infeksi jamur seperti kurap dan kandidiasis.

  1. Dermatologi pediatrik

Bidang ini berfokus pada penanganan penyakit kulit dan kelamin pada anak. Dokter spesialis kulit dan kelamin sub spesialis dermatologi pediatrik menangani kelainan seperti tanda lahir dan hemangioma pada anak, penyakit kulit terkait alergi pada anak, penyakit genetik pada kulit seperti iktiosis dan epidermolisis, perawatan pengobatan penyakit kulit pada bayi dan anak, kelainan kulit akibat malnutrisi, infeksi kulit pada anak, dan kelainan kulit pada bayi baru lahir yang didapat saat kehamilan atau persalinan ibu.

  1. Dermatologi kosmetik

Bidang ini berfokus pada penanganan masalah kecantikan kulit, seperti bekas luka, kerontokan rambut, hingga perubahan kulit akibat usia. Dokter spesialis kulit dan kelamin sub spesialis dermatologi kosmetik juga menangani penyakit kelainan pigmentasi kulit, hiperhidrosis osmidrosis, deposit lemak dan selulit, kelainan rambut, kebotakan dan hipertrikosis (kelainan pertumbuhan rambut), kelainan kuku yang bersifat kosmetik, dan yang terkait proses penuaan.

  1. Dermatologi alergi dan imunologi

Bidang ini berfokus menangani penyakit kulit yang berkaitan dengan alergi dan gangguan sistem imunitas tubuh. Dokter spesialis kulit dan kelamin sub spesialis dermatologi alergi dan imunologi menangani dermatitis atopik, dermatitis kontak alergi, psoriasis (penyakit peradangan kulit yang menahun), urtikaria (biduran), angioedema (lapisan dalam kulit yang bengkak karena penumpukan cairan), dermatitis kontak iritan, serta penyakit kulit akibat kelainan autoimun.

  1. Dermatologi geriatrik

Bidang ini khusus menangani berbagai keluhan atau masalah kulit dan kelamin pada orang lanjut usia. Dokter spesialis kulit dan kelamin sub spesialis dermatologi geriatri menangani penyakit seperti pruritus, kelainan kulit akibat penuaan dan paparan sinar matahari kronis seperti lentigo senilis dan elastosis solaris (kulit tampak kuning dan menebal akibat sinar matahari), infeksi kulit pada lansia, kelainan kulit yang sering terjadi pada proses penuaan seperti dermatitis asteatotik, dan sindrom Favre-Racouchot.

  1. Tumor dan bedah kulit

Bidang ini berfokus pada prosedur diagnostik dan penanganan tumor atau kanker kulit, dan prosedur bedah kulit. Beberapa penyakit yang biasa ditangani oleh dokter kulit dan kelamin spesialistik tumor dan bedah kulit yaitu kanker kulit seperti melanoma, karsinoma sel basal dan skuamosa, beragam tumor jinak pada kulit, penyakit prakanker seperti penyakit Bowen (kanker kulit jinak yang mengganas) dan leukoplakia.

  1. Penyakit menular seksual

Bidang ini berfokus pada penanganan penyakit menular seksual. Dokter spesialis kulit dan kelamin sub spesialis penyakit menular seksual (PMS) yang juga dikenal dengan istilah Infeksi menular seksual (IMS), menangani PMS yang disebabkan oleh bakteri seperti gonore, sifilis, vaginosis bakterial; yang disebabkan virus seperti herpes genital; PMS yang disebabkan jamur dan parasit seperti pedikulosis pubis (kutu rambut kemaluan) dan kandidiasis vagina.

Itulah beberapa bidang dan masalah kesehatan yang dapat ditangani oleh dokter spesialis kulit. Jika Anda mengalami permasalahan kulit segeralah periksa kepada ahlinya agar kondisinya tidak semakin memburuk dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *